Rabu, 09 Desember 2015

Apa Itu ISO ?






                                      

Sebelum saya mulai bekerja, saya pernah beberapa kali melihat logo "ISO". Awalnya saya pikir itu adalah semacam penghargaan "TOP Brand" yang membuat suatu barang laku di pasaran  :-) 

                                             




Setelah mulai bekerja, saya kemudian mendengar perusahaan ingin mendapatkan ISO. Dari situ saya kembali berpikir bahwa kita ingin "mendapatkan Logo ISO" agar barang kita lebih laku !  ;-)


                                                                         



Meskipun awalnya saya cuek - cuek aja, namun karena rasa penasaran saya yang luar biasa serta background S1 saya adalah Accouinting Information System yang notabene mempelajari tentang Sistem ( saya suka hal - hal yang berbau logika ) , maka kemudian saya mencoba untuk mereka ulang pelajaran AIS saya       ( sampai saya membawa buku yang super tebal itu ke kantor untuk dipelajari di waktu senggang saya. )


Ternyata ... , pemahaman ISO saya masih salah !  Sistem yang dimaksud oleh ISO 180o  berbeda  dengan konsep sistem yang saya pelajari di AIS    .     ( Gawat banget kan !  )                          :-(




1 OKTOBER  2014


Lalu pada tanggal 1 Oktober 2014, entah awal mulanya bagaimana, tanggung jawab untuk            mengurus soal ISO ini dialihkan ke saya. Tiba - tiba saya ditunjuk sebagai                 Management  Representative 

                                    ( padahal saya tidak tahu menahu soal ISO ).                                                

:-0



10 OKTOBER 2014



Pada 10 Oktober 2014, saya mulai ikut konsultasi dengan konsultan ISO yang  telah lama ditunjuk oleh perusahaan. saya mulai ikut konsultasi sampai 17 Januari 2015 ( sebulan sekali, jadi total 4 kali ). itupun saya berasa lari puter - puter, seperti tidak ada progress sama sekali. Sejak saat itu kami pun berhenti konsultasi. Kami hanya mengecek ulang dokumen - dokumen yang ada.


FEBRUARI 2015


Setelah sekian bulan berasa jalan di tempat, secara tidak sengaja kami bertemu seseorang yang dahulu kala terbiasa melakukan kalibrasi mesin - mesin produksi kami, awalnya tidak sengaja kami bercerita tentang proses ISO yang "jalan di tempat", kemudian kami berbagi cerita tentang "Dunia ISO" dimana ternyata kebetulan beliau adalah praktisi ISO 9001 dan 14001.

Kami lalu mencoba berdiskusi dan mencoba kembali menata langkah kami menuju sertifikasi ISO 9001. Mencoba mengerjakan apa yang selama ini sebenarnya telah kami tulis dalam bentuk berbagai prosedur dan manual.




13 MARET 2015




   




Pada 13 Maret 2015, kami melakukan kick off dengan seluruh karyawan sebagai tanda dimulainya ‘perang’ untuk mendapat sertifikat ISO 9001:2008.


16 MARET 2015


Setelah kick off tersebut, mulailah ditunjuk anggota tim ISO 9001:2008 pada 16 Maret 2015. Lalu kita mulai bekerjasama untuk merevisi segala dokumen yang dibutuhkan untuk bahan sertifikasi ISO 9001:2008 dan  mulai mengimplementasikannya. 



              20 sd 28  APRIL  2015




                                 




Pada tanggal 2028 April 2015 kami melakukan audit internal  




              29 sd 30  APRIL  2015





                                           



kemudian tanggal 29 dan 30 April 2015 langsung dilakukan Management Review.
Implementasi ISO 9001:2008 dan perbaikan hasil audit internal tetap berlanjut, 




              15 MEI  2015




                                



sampai pada akhirnya tanggal 15 Mei 2015 auditor tahap pertama dari TUV Nord datang untuk  mengaudit kami dan hasilnya adalah kami dapat melakukan audit sertifikasi.




25 sd 26 MEI  2015


Akhirnya  hasil audit sertifikasi tanggal 25-26 Mei 2015  menyatakan bahwa kami lolos audit tersebut dengan tidak ada temuan major  . Sehingga perusahaan kami kini telah menjadi "ISO 9001 Certifed Company" :-)


Thank you for God, without Him we wouldn’t get the certificate, para "konsultan ISO" ( mereka lebih seneng disebut sebagai business partner ;-) ) Direktur kita, Teman - teman ISO Team, dan seluruh karyawan dan pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu per satu.




MELISA LIE
Management Representative
PT. TMP - Banten
simamutu@gmail.com
www.simamutu.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar